Minggu, 01 Maret 2009

"Tongseng Daging Landak" Berkhasiat Mengobati Penyakit Kulit dan Asma

Pernahkah Anda menyantap tongseng daging landak ? Jika penasaran Anda dapat mencicipi masakan ini disebuah rumah makan di Tegal, Jawa Tengah. Tongseng daging landak ini tidak saja lezat tetapi juga mengandung khasiat mengobati penyakit kulit dan asma. Dirumah makan yang berlokasi dipinggir jalan raya Kelurahan Sidakaton, Tegal, Jawa Tengah inilah menu masakan tongseng landak bisa diperoleh. Tejo Asmoro, pemilik rumah makan mampu mengolah hewan berduri tajam ini, menjadi masakkan yang langkah namun lezat.

Diperlukan keterampilan khusus untuk memasak tongseng landak ini, terutama saat proses penyembelihan. Jika tidak hati - hati salah - salah tangan bisa tertusuk duri landak yang tajam. Umur landak yang dimasak tidak lebih dari 6 bulan agar dagingnya empuk.

Tidak hanya dagingnya yang dimanfaatkan, duri landak juga laku dijual. Harganya 5 riburupiah per batang. Duri landak ini berkhasiat untuk obat sakit gigi. Caranya duri landak dibakar, lalu abunya dioleskan kebagian gigi yang sakit. Bumbu yang digunakan untuk memasak tongseng landak ini, antara lain bawang putih, bawang merah, cabe merah, lengkuas dan jahe. Pertama daging landak dicampurkan kedalam irisan bawang putih dan jahe untuk menghilangkan bau amis. Bau rempah - rempah ditumis, lalu daging landak dimasukkan. Untuk menambah aroma kelezatan, dicampur dengan 1 sendok madu asli. Selanjutnya diberi kuah lalu diaduk kemudian didiamkan sampai masak.

Tongseng landak disajikan dengan sayuran lalapan, seperti tol, mentimun dan daun kemangi. Rasa tongseng landak ini tak kalah dengan tongseng daging kambing. Selain lezat, tongseng landak ini juga berkhasiat mengobati penyakit kulit dan asma.

Jika Anda penasaran dengan kelezatan tongseng landak ini, tidak ada salahnya untuk datang langsung ke rumah makan ini. Tak perlu merogoh kocek dalam - dalam karena harga 1 porsi tongseng landak ini relatif terjangkau, yakni hanya 15 ribu rupiah.

Tidak ada komentar:

mini banner