Minggu, 01 Maret 2009

dari "MOLEN" sampai "JAGUNG BAKAR"

Fenomena bangkitnya makanan sebagai primadona di kota-kota yang merupakan di kota-kota yang merupakan daerah tujuan wisata sudah tampak sejak lama. Tak terkecuali dengan Kota Bandung.
Ada beberapa makanan yang akhirnya menjadi ikon kuliner kota berhawa sejuk ini yaitu :
  1. Molen pisang-keju, bukanlah menu orisinil Bandung, namun menjadi terkenal setelah toko kue dan roti Kartika Sari sukses memasarkannya hingga terkenal hampir ke seluruh Indonesia. Saat ini kesuksesan Kartika Sari juga diikuti oleh toko-toko kue yang menjual molen pisang-keju, salah satunya adalah Toko Mayasari yang sedikit memodifikasi isi molen menjadi nenas yang tak kalah lezatnya. Jika Anda berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk membeli molen pisang keju sebagai buah tangan untuk handai taulan.
  2. Brownies, konon brownies adalah kue "gagal", karena pada mulanya adalah kue yang tak mengembang saat dipanggang dan sedikit hangus, namun kemudian kue ini menjadi populer karena rasanya yang ternyata enak. Nah, saat ini di Bandung brownies menjadi salah satu kudapan paling popular, baik brownies bakar maupun brownies kukus. Jika Anda ingin membawa brownies bakar sebagai oleh-oleh, silahkan datang ke toko kue Prima Rasa di Jalan Kemuning. Dan jika Anda ingin merasakan betapa lezatnya brownies kukus, silahkan datang ke toko brownies kukus Amanda yang berpusat di jalan Rancabolang, Margahayu Raya, Bandung.
  3. Sus, kue oleh-oleh Bandung yang diminati dan populer adalah kue Sus Merdeka. Dinamakan Sus Merdeka, karena letak tokonya yang berada di Jalan Merdeka Bandung. Kue sus yang dijual disini berbeda dari toko lain, karena krim isi kuenya terasa gurih dan ditambah sedikit rum, sehingga rasanya khas.
  4. Jagung bakar dan ketan bakar, jika di malam hari Anda perlu kudapan pengganjal perut, datanglah ke Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) atau Jalan Setiabudi (jalan raya menuju Lembang), disana Anda akan menemukan banyak penjaja jagung bakar dan ketan bakar. Menyantap makanan ini paling enak dilakukan jika beramai-ramai dengan teman-teman atau sanak keluarga sambil ngobrol ngalor ngidul.


1 komentar:

Admin mengatakan...

wah bisa dicoba nih resep pisang molennya,

mini banner